MODUL 1 – Refleksi Topik 2 [Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi]
Saya juga menerapkan diferensiasi dalam penugasan. Misalnya, untuk proyek akhir, saya memberikan beberapa pilihan tugas yang bisa dipilih oleh peserta didik sesuai dengan minat dan kemampuannya. Ada yang memilih membuat presentasi, ada yang lebih suka menulis esai, dan ada juga yang lebih tertarik untuk membuat video. Dengan cara ini, setiap peserta didik merasa dihargai dan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka.
Tentu saja, proses ini tidak selalu mulus. Ada tantangan, terutama terkait akses internet yang masih menjadi masalah di beberapa daerah. Namun, saya yakin bahwa dengan perencanaan yang matang dan pemanfaatan teknologi yang tepat, pembelajaran berdiferensiasi dapat diimplementasikan dengan baik dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Refleksi dari pengalaman ini membuat saya semakin yakin bahwa setiap peserta didik memiliki potensi untuk berhasil, asalkan kita sebagai guru mampu memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. SICALAKAN adalah salah satu upaya saya untuk mewujudkan hal tersebut, dan saya terus berusaha untuk mengembangkan media ini agar dapat semakin relevan dan efektif dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi di kelas saya.
Penulis : Syaiful Amri, S.T., M.M
Jurusan : Informatika
LPTK : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Komentar
Posting Komentar