MODUL 1 TOPIK 2 – Pembelajaran Berdiferensiasi [Definisi, Implementasi, dan Dampaknya]

Definisi Pembelajaran Berdiferensiasi:

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pengajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan, minat, dan gaya belajar setiap peserta didik. Ini melibatkan penyesuaian konten, proses, dan produk pembelajaran untuk memastikan bahwa semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berhasil, terlepas dari perbedaan individu mereka.

 


Implementasi Berdasarkan Tiga video pada modul 1 topik 2:

 Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Konten

Video Pertama – Diferensiasi Konten: Dalam video ini, guru menggunakan asesmen awal untuk memahami minat dan kebutuhan peserta didik, lalu menyesuaikan konten pembelajaran berdasarkan informasi tersebut. Pendekatan ini termasuk memberikan pilihan topik yang relevan dengan minat peserta didik dan menyesuaikan materi agar lebih menarik dan sesuai dengan gaya belajar mereka. Implementasi ini memungkinkan peserta didik belajar dengan cara yang paling sesuai dengan minat mereka, meningkatkan keterlibatan dan pemahaman materi.

 

Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Proses

Video Kedua – Diferensiasi Proses: video menggambarkan penggunaan diferensiasi dalam proses pembelajaran. Guru memberikan pendampingan lebih lama kepada peserta didik yang kesulitan dan memungkinkan peserta didik yang lebih paham untuk belajar mandiri. Selain itu, peserta didik dikelompokkan dan diberikan kebebasan dalam memilih tema dan format media pembelajaran. Implementasi ini memberikan fleksibilitas dalam cara peserta didik belajar dan menunjukkan pemahaman mereka, meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan peserta didik.


 

Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Produk

Video Ketiga – Diferensiasi Produk: Guru menerapkan diferensiasi produk dengan fokus pada keterampilan menulis aksara Jawa. Peserta didik diberikan kebebasan untuk memilih tema dan format media pembelajaran, serta bekerja dalam kelompok berdasarkan minat mereka. Implementasi ini memotivasi peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka dengan cara yang kreatif dan relevan dengan minat mereka, membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Dampak terhadap Murid:

  1. Peningkatan Motivasi dan Keterlibatan: Dengan membiarkan peserta didik memilih topik dan format yang sesuai dengan minat mereka, pembelajaran menjadi lebih relevan dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik.
  2. Peningkatan Pemahaman dan Kinerja: Pembelajaran berdiferensiasi membantu peserta didik memahami materi dengan cara yang paling sesuai dengan gaya belajar mereka, yang dapat meningkatkan pemahaman dan kinerja akademis.
  3. Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas: Dengan memberikan kebebasan dalam cara menunjukkan pemahaman, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas, seperti dalam membuat media pembelajaran atau menyelesaikan tugas dengan pendekatan unik.
  4. Peningkatan Kepercayaan Diri dan Kepuasan: Peserta didik merasa lebih percaya diri dan puas dengan pembelajaran ketika mereka dapat belajar dan berprestasi dengan cara yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Secara keseluruhan, pembelajaran berdiferensiasi berfokus pada mengakomodasi kebutuhan individual peserta didik, yang membuat pengalaman belajar lebih efektif dan memuaskan bagi semua peserta didik.


Penulis : Syaiful Amri, S.T., M.M
Jurusan : Informatika
LPTK : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 1 Topik 3 – Asesmen Awal Pembelajaran

MODUL 1 – Refleksi Topik 2 [Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi]