MODUL 1 – Refleksi Topik 4 [Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran]

Topik Culturally Responsive Teaching atau Pengajaran Responsif Budaya membuka wawasan baru mengenai pentingnya memahami latar belakang budaya peserta didik dalam proses pembelajaran. Saya belajar bahwa setiap peserta didik membawa pengalaman, nilai, dan perspektif unik yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya mereka, dan ini harus dihargai serta diakomodasi dalam kelas.

Salah satu inspirasi terbesar yang saya dapatkan adalah pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, di mana peserta didik merasa dilibatkan dan dihargai tanpa memandang latar belakang mereka. Sebagai guru yang bekerja di daerah terpencil, hal ini menjadi relevan karena peserta didik saya datang dari komunitas yang sangat beragam, termasuk yang mungkin memiliki bahasa atau kebiasaan yang berbeda. Dengan mengintegrasikan pendekatan pengajaran yang responsif terhadap budaya, saya bisa membuat pembelajaran lebih relevan dan bermakna bagi mereka.

Selain itu, saya terinspirasi untuk lebih memperhatikan gaya komunikasi dan cara mengajar yang sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik. Dengan begitu, saya dapat mendorong partisipasi yang lebih aktif serta membangun rasa percaya diri mereka dalam belajar.

Secara keseluruhan, Culturally Responsive Teaching mengingatkan saya bahwa guru tidak hanya bertugas mengajar mata pelajaran, tetapi juga membangun jembatan pemahaman antar budaya yang mendukung pengembangan potensi setiap peserta didik.


Penulis : Syaiful Amri, S.T., M.M
Jurusan : Informatika
LPTK : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 1 TOPIK 2 – Pembelajaran Berdiferensiasi [Definisi, Implementasi, dan Dampaknya]

Modul 1 Topik 3 – Asesmen Awal Pembelajaran

MODUL 1 – Refleksi Topik 2 [Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi]